01_sambutan_dan_paparan_oleh_Issa_Ketua_JSI
13:01

Audiensi Orang Tua/Wali dan Mahasiswa JSI Berstatus Terkena Evaluasi Akademik Tahun 2020

Jurusan Sistem Informasi (JSI) FILKOM UB menyelenggarakan acara audiensi bagi orang tua/wali beserta mahasiswa yang berstatus terkena evaluasi akademik. Acara ini dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom meeting pada Senin (24/8/2020). Acara dihadiri oleh sekitar 20 orang tua/wali dan mahasiswa yang berstatus terkena evaluasi akademik. Tercatat pada akhir semester terdapat 23 mahasiswa JSI yang terkena evaluasi akademik. Jumlah tersebut terdiri atas tujuh mahasiswa dari Program Studi Sistem Informasi (Prodi SI), sebelas mahasiswa dari Prodi Teknolog Informasi (TI) dan lima mahasiswa dari Prodi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI).

Disampaikan oleh Issa Arwani, S.Kom., M.Sc. Ketua JSI bahwa evaluasi akademik ini dilakukan rutin dan terjadwal setiap tahunnya. Sementara itu kegiatan audiensi bertujuan agar jurusan bersama-sama dengan orang tua dapat melakukan evaluasi terhadap mahasiswa dan mencari akar masalah terhambatnya proses akademik mahasiswa bersangkutan.

02_paparan_teknis_lanjutan_oleh_Satrio_Sekretaris_JSIDalam paparannya Issa menjelaskan bahwa ada lima tahapan evaluasi keberhasilan studi mahasiswa S1 di FILKOM UB. Tahap 1 pada akhir tahun pertama (dua semester) dengan ketentuan setidaknya sudah menempuh 20 sks, tidak ada nilai E dan min. IPK 2.00. Tahap 2 pada akhir tahun kedua (empat semester) dengan ketentuan setidaknya sudah menempuh 48 sks, tidak ada nilai E dan min. IPK 2.00. Tahap 3 pada akhir tahun ketiga (enam semester) dengan ketentuan setidaknya sudah menempuh 72 sks, tidak ada nilai E dan min. IPK 2.00. Tahap 4 pada akhir tahun keempat (delapan semester) dengan ketentuan setidaknya sudah menempuh 96 sks, tidak ada nilai E dan min. IPK 2.00. Tahap 5 pada akhir batas waktu studi (empat belas semester) dengan ketentuan harus sudah yudisium. Ketentuan bagi mahasiswa yang tidak dapat memenuhi syarat-syarat pada masing-masing tahapan evaluasi tersebut adalah akan diberhentikan sebagai mahasiswa FILKOM UB.  

Usai sambutan dan paparan dari Ketua JSI, acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian motivasi dari Wiwin Lukitohadi, S.H, S.Psi, CHRM selaku staf kemahasiswaan bagian bimbingan konseling dan penyampaian mekanisme teknis konseling oleh Satrio Agung Wicaksono, S.Kom., M.Kom. selaku Sekretaris JSI. Selanjutnya ditutup dengan sesi tanya jawab. Usai acara ini diharapkan mahasiswa dengan dipantau oleh orang tua dapat mengirimkan email ke bagian bimbingan konseling FILKOM (wiwinlukitohadi@ub.ac.id) dengan melampirkan rencana studi 144 sks, kronoli permasalahan dan transkrip sementara (tanpa tandatangan). Selanjutnya mahasiswa Bersama orang tua dapat menjadwal konsultasi private secara daring. Harapannya dengan rangkaian tahapan itu dapat memetakan akar masalah dan mencari solusinya bersama-sama sehingga mahasiswa bersangkutan kemudian dapat menyelesaikan studinya di FILKOM dengan baik. [dna]

*Informasi mengenai Prosedur Daftar Ulang Mahasiswa dengan Evaluasi Studi dapat diakses di tautan berikut https://filkom.ub.ac.id/page/read/pengumuman/prosedur-daftar-ulang-mahasiswa-dengan-evaluasi-studi-dan-terlambat-melaksanakan-pembayaran-filkom-ub/255ff2e.

Share