02_materi_tentang_instalasi_python_oleh_Sigit
11:46

Dosen FILKOM UB Gelar Pelatihan Pemrograman GUI bagi Siswa SMA/SMK

Lima dosen Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menggelar pelatihan daring bagi siswa SMA/SMK pada Minggu (16/8/2020). Mereka adalah Putra Pandu Adikara, S.Kom., M.Kom. (Ketua), Indriati, S.T., M.Kom., Sigit Adinugroho, S.Kom., M.Sc., Randy Cahya Wihandika, S.ST., M.Kom. dan Yuita Arum Sari, S.Kom., M.Kom.. Pelatihan yang bertajuk “Pemrogram Graphical User Interface (GUI) dengan Python” ini diikuti oleh lebih dari 40 siswa SMA/SMK di Kota Malang.

“Harapannya dengan kegiatan ini dapat membuat siswa-siswi SMA/SMK dapat memahami bahasa pemrograman Python sebagai salah satu bahasa pemrograman GUI sebagai bekal dasar menghadapi dunia kerja,” ujar Putra Pandu.

01_materi_pelatihan_pemrograman_GUI_dengan_PythonDisampaikan Putra Pandu bahwa materi tentang pemrogram dengan Python yang dipilih untuk disampaikan dalam pelatihan ini karena Python merupakan bahasa pemrograman yang mengalami peningkatan popularitas saat ini. Berdasarkan TIOBE index (TIOBE Index | TIOBE - The Software Quality Company, 2019) pada bulan Maret 2019 Python menempati posisi ketiga sebagai bahasa pemrograman terpopuler. Selain itu bahasa Python memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan bahasa lainnya. Python relatif mudah untuk dipahami, mendukung berbagai metode pemrograman, mempunyai ragam pustaka yang banyak dan dapat dimanfaatkan dalam pengembangan aplikasi desktop, web, maupun mobile. Dilihat dari sisi perangkat keras, Python mampu dijalankan pada PC, telepon pintar, perangkat embedded, maupun perangkat superkomputer sekalipun.

03_peserta_pelatihan_pemrograman_GUI_dengan_PythonMateri yang disampaikan dalam pelatihan ini mencakup dasar-dasar yang harus diketahui oleh peserta untuk membuat program Phyton. Mulai dari mengenal tipe data yang ada di Phyton serta sintaks-sintaks yang harus dipergunakan untuk membuat program di Phyton. Setelah mengenal dasar Phyton peserta akan diajarkan membuat program yang menggunakan operasi aritmatika, struktur kendali, error kontrol, fungsi dan modul. Setelah menguasai hal tersebut maka peserta dapat menggunakan bahasa pemrograman Phyton untuk melakukan komputasi dasar di tingkat SMK. Kemudian untuk mengukur tingkat pemahaman peserta pelatihan diadakan sesi pengerjaan latihan dan soal pelatihan. Diakhir pelatihan juga diadakan pengambilan feedback dari peserta pelatihan terkait materi pelatihan yang disampaikan. [dna]

*Rekaman kegiatan pelatihan dapat dilihat di http://bit.ly/pelatihanGUI.

 

 

 

Share