01_Tibyani_Ijen_Talk
14:03

Pembahasan Geliat Bisnis Digital Di Era Pandemi oleh Tibyani, S.T., M.T

Tibyani, S.T., M.T. salah satu dosen di Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (JSI FILKOM UB) menjadi narasumber dalam radio show yang diadakan oleh radio City Guide 911FM pada Kamis (3/9/2020). Topik yang diangkat dalam kesempatan tersebut tentang Geliat Bisnis Digital di Era Pandemi. Bersama Tibyani ada dua narasumber lain yang juga diundang dalam acara tersebut yaitu Ananda Sabil Hussein, Ph.D., CMA, Ketua Program Studi S1 Kewirausahaan FEB UB dan Achmad Roisul Amin, Marketing Head Tata Warna.

Dalam kesempatan tersebut Tibyani berbagi pengetahuannya tentang bagaimana implementasi teknologi di sektor bisnis, apa saja yang perlu dipersiapkan pelaku bisnis untuk merambah ke dunia digital dan bagaimana teknologi bisa memudahkan pelaku usaha dalam berbisnis. Dijelaskan Tibyani bahwa saat ini sudah banyak pemanfaatan teknologi dalam sektor bisnis. Baik dalam fungsinya untuk komunikasi, transaksi maupun untuk penerapan sistem perusahaan. Sebagai contoh untuk memperlancar komunikasi digunakan teknologi 3G, 4G atau bahkan 5G. Sedangkan untuk fungsi transaksi sudah ada teknologi e-banking, bahkan kini banyak berkembang perusahaan jasa keuangan yang digabungkan dengan teknologi (fintech).

03_idjen_talk_pak_tibBagi para pelaku bisnis yang ingin merambah ke dunia digital, Tibyani menyarankan untuk langkah awal perlu meningkatkan pengetahuannya tentang teknologi yang bisa mendukung digitalisasi bisnis. Semangat untuk belajar sangat diperlukan mengingat pelaku bisnis harus berusaha memahami cara kerja teknologi dan mempraktekkan penggunaannya untuk mendukung bisnisnya.

“Saat ini sudah banyak teknologi gratis yang bisa digunakan untuk menunjang pelaksanaan bisnis digital. Tinggal bagaimana kesiapan pelaku bisnisnya saja untuk belajar. Contohnya ada facebook, Instagram dan youtube yang sekarang sedang marak. Semua bisa digunakan secara gratis. Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya untuk bisnis. Misal, ada kawan saya yang punya produk senapan untuk dijual. Dia kemudian membuat video tutorial di youtube dan mencantumkan contact person. Dari situ kemudian sudah ada orang yang bertanya dan ingin membeli senapan seperti yang didemokan,” jelas Tibyani. [dna]

*Rekaman video lengkap radio show Geliat Bisnis Digital Di Era Pandemi ini dapat juga diakses di tautan berikut https://www.youtube.com/watch?v=OJOoa1UEmpA

 

 

 

Share