01_PCM_Pembangunan_Gedung_Kemahasiswaan_FILKOM_UB_Tahap_I
12:35

Pre-Construction Meeting Pembangunan Gedung Kemahasiswaan FILKOM UB Tahap I

Pre-Construction Meeting (PCM) pembangunan Gedung Kemahasiswaan tahap I Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) dilaksanakan Jumat (4/9/2020). Pertemuan diadakan di gedung F lantai 12 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penyebaran corona virus disease (covid-19). PCM dilaksanakan sebagai sarana untuk saling mengenal seluruh pihak yang terkait dalam proyek pembangunan, antara lain FILKOM, tim teknis UB, PT. Lawang Pitu Dalem sebagai kontraktor dan PT. Kosa Matra Graha sebagai pengawas. Selain itu juga bertujuan untuk membangun persamaan persepsi atas kesepakatan penyelenggaraan pekerjaan dan membahas kemungkinan kendala yang akan terjadi, sehingga dalam pelaksanaannya nanti dapat dipenuhi ketentuan mutu, waktu dan biaya yang telah disepakati.

02_Presentasi_oleh_PT_Lawang_Pitu_DalemDalam sambutan pembukaannya, Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D. Dekan FILKOM menyampaikan harapannya agar proses pembangunan gedung kemahasiswaan ini dapat berjalan dengan lancar. Oleh karena itu Kerjasama yang baik sangat diperlukan mengingat pembangunan kali ini berada di posisi yang cukup sulit dan harus diselesaikan dalam waktu yang cukup singkat.

“Semoga PT. Lawang Pitu Dalem dapat bekerja dengan baik. Kami juga akan berusaha memberi dukungan terbaik. Kami tidak ada ceritanya di sini akan menghalang-halangi. Kami juga tidak akan meminta sesuatu di luar spesifikasi yang sudah disepakati. Bagi kami ini adalah amanah uang dari orang tua mahasiswa sehingga kami akan bekerja sesuai yang ditentukan dalam standar,” ujar Wayan.

Usai pembukaan dan sambutan acara dilanjutkan dengan sesi pemaparan oleh PT. Lawang Pitu Dalem yang membahas tentang perencanaan teknis pengerjaan pembangunan gedung. Paparan tersebut meliputi ruang lingkup pekerjaan, tahapan pelaksanaan, alur pekerjaan pondasi strouss, tahapan pelaksanaan bekisting, pekerjaan pengecoran dan pemadatan beton serta timeline pengerjaan. Kemudian dilanjutkan dengan sesi pemaparan rencana teknis pengawasan oleh PT. Kosa Matra Graha dan ditutup dengan sesi tanya jawab.

Untuk diketahui, rencananya gedung Kemahasiswaan FILKOM ini akan dibangun lima lantai. Dimana lantai 1 akan difungsikan sebagai kantin, lantai 2 dan 3 untuk ruang himpunan kemahasiswaan, lantai 4 untuk aula dan lantai 5 untuk helipad yang harapannya dapat difungsikan oleh komunitas atau grup riset yang melakukan penelitian menggunakan drone atau sejenisnya. Pembangunan dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama adalah pembangunan dan pengecoran seluruh gedung tanpa finishing. Tahap kedua adalah proses finishing gedung. Tahap pertama rencananya dilaksanakan September hingga Desember 2020. Dimohon dukungan doa dari seluruh keluarga besar FILKOM agar pembangunan dapat berjalan lancar, sehingga kemudian dapat menghasilkan gedung sesuai dengan yang telah direncanakan dan dapat dimanfaatkan untuk menunjang proses perkuliahan mahasiswa FILKOM. [dna]

 

 

 

Share