01_logo_EKIA
08:07

Tim Doktor Mengabdi FILKOM UB Buat E-KIA Untuk Peningkatan Layanan Posyandu

01_poster_EKIAFenomena sistem pencatatan dan pengelolaan data kesehatan Posyandu yang masih dilakukan secara manual, mendorong tim doktor mengabdi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) membuat aplikasi E-KIA (Electronic Kesehatan Ibu dan Anak). E-KIA dibuat untuk membantu pengelolaan data kesehatan secara elektronik sehingga bisa mendorong peningkatan layanan yang diberikan Posyandu. Tim ini terdiri atas tiga dosen FILKOM dan satu dosen Fakultas Kedokteran UB (FK UB) yang dibantu oleh dua mahasiswa FILKOM. Mereka adalah Dr. Eng. Fitra A. Bachtiar, S.T., M.Eng. (ketua tim), Fajar Pradana S.ST., M.Eng, Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd., Intan Yusuf Habibie, S.Gz, M.Sc., Timothy Julian dan Giga Setiawan.

“Dari hasil penelitian ke salah satu Posyandu di Kabupaten Malang, ditemukan beberapa permasalahan terkait pelayanan kesehatan anak balita di Posyandu. Salah satunya masih dilakukan pencatatan manual, sehingga masih perlu proses rekap lagi untuk laporan bidan ke Puskesmas daerah. Selain itu ditemukan juga KMS yang dimiliki orangtua anak sering tidak dibawa atau bahkan hilang. Hal ini mengakibatkan orang tua tidak punya data lengkap kesehatan dan tumbuh kembang anaknya, sehingga akan sulit untuk memberikan penanganan apabila perkembangan anak dibawah garis normal,” ungkap Fajar.

01_sosialisasi_E-KIAE-KIA adalah inovasi teknologi pengolahan data kesehatan dan rekomendasi gizi anak. Aplikasi ini dibuat dalam dua macam sistem, yaitu sistem berbasis website dan sistem berbasis mobile android. E-KIA website (e-kia.com) dibuat untuk para kader posyandu baik bidan maupun perawat, sebagai akses untuk melakukan pencatatan dan pengelolaan data elektronik balita beserta orang tuanya. Sementara itu E-KIA mobile android (http://bit.ly/EKIAmobile) dibuat untuk orang tua anak agar bisa mengakses data kesehatan anak secara real time dan mendapat rekomendasi makanan balita agar tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal.

02_sosialisasi_E-KIAAplikasi ini sudah diimplementasikan pada Posyandu Mangga, Desa Krebet Bululawang, Kabupaten Malang. Sosialisasi tentang aplikasi ini dilakukan pada Selasa, 8 September 2020 lalu. Acara sosialisasi dihadiri oleh delapan kader posyandu, satu bidan, satu perawat dan tiga perwakilan orang tua balita. Harapannya aplikasi ini dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga memberi manfaat optimal untuk tenaga medis dan orang tua balita.

“Aplikasinya sudah bisa diunduh di google playstore secara gratis. Tapi untuk penggunaannya masih bisa oleh posyandu mitra pengabdian kami saja. Untuk posyandu lain yang ingin memanfaatkan aplikasi ini kami juga terbuka. Bisa menghubungi FILKOM UB melalui email filkom@ub.ac.id atau direct message ke media sosial di twitter (filkomUB) atau Instagram (filkomub),” jelas Fajar. [dna]
 

Video kegiatan sosialisasi E-KIA di kegiatan ini Posyandu Mangga, Desa Krebet Bululawang, Kabupaten Malang dapat diakses di tautan berikut http://bit.ly/videoEKIA

 

 

 

Share